Efek Samping Masker Kopi yang Perlu Kamu Tahu

Diposting pada

Efek samping masker kopi sudah seharusnya diketahui setiap orang. Di tengah-tengah masyarakat, selain menjadi alternatif minuman dan tambahan dalam membuat makanan, kopi juga dapat menjadi salah satu bahan perawatan kulit.

efek samping masker kopi

Quinines sebagai antioksidan yang terkandung dalam biji kopi akan semakin aktif jika dipanggang. Antioksidan sendiri berfungsi menangkal radikal bebas pada kulit untuk membuat kulit tetap awet muda.

Penyebab radilkal bebas sendiri ada banyak, seperti: gaya hidup yang tidak sehat, kurang tidur atau istirahat, stres berlebih, asap dan merokok juga karena mengonsumsi alkohol.

Selain dapat mengangkat sel kulit mati, masker kopi juga dapat digunakan sebagai alternatif cara mengurangi jerawat di wajah.

Hal ini disebabkan karena aroma kopi tersendiri memang begitu menenangkan sehingga dapat menjadi terapi dari stres yang akan berdampak tumbuhnya banyak jerawat.

Masker kopi sendiri dapat dikombinasikan dengan berbagai macam bahan alami lainnya yang tentu fungsinya berbeda-beda dan sesuai dengan kebutuhan. Beberapa efek samping masker kopi ialah:

Menyebabkan Kulit Kering

Mengkombinasikan masker kopi dengan bahan alami seperti: yoghurt, minyak zaitun, madu atau susu dapat berfungsi merawat kulit kering. Tetapi tentu saja resiko yang ditimbulkan tetap ada.

Jika penggunaan masker ini tidak memenuhi aturan seperti komposisi dan penggunaan setiap hari maka fungsinya akan menjadi terbalik. Bukan malah merawat kulit kering melainkan menyebabkan kulit menjadi kering.

Iritasi Pada Kulit Wajah

Tidak jarang sebagian orang mengeluh ketika menggunakan masker kopi. Ada yang mengatakan wajah mereka timbul ruam-ruam atau wajah mereka menjadi terkelupas.

Kulit yang sensitif memang cenderung tidak cocok sehingga menimbulkan efek samping masker kopi semakin parah.

Alergi dan Gatal-Gatal

Para pemilik kulit sensitif sudah seharusnya mengenali kulit wajah mereka. Kita dapat mengecek bagaimana dampak masker ini dengan cara mengoleskan masker kopi ini ke area kulit leher dan mendiamkan selama 15 menit dan melihat reaksinya.

Jika timbul ruam-ruam, bengkak, gatal dan sebagainya maka hentikan pemakaian. Cara merawat wajah secara alamibagi kulit sensitif dengan masker kopi ialah menggunakannya 1-2 kali seminggu, jangan gunakan setiap hari.

Itulah tadi beberapa efek samping masker kopi. Meskipun mengandung banyak manfaat, penggunaan secara berlebihan memang selalu berdampak buruk. Bagaimana, tertarik untuk mencoba? Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *